E-Makaryo Bantu Lulusan SMK Terhubung Ke Perusahaan Dan Temukan Pekerjaan

E-Makaryo Bantu Lulusan SMK

Slawipos.com – E-Makaryo Bantu Lulusan SMK Terhubung Ke Perusahaan Dan Temukan Pekerjaan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginisiasi aplikasi E-Makaryo, yang bertujuan untuk membantu lulusan sekolah kejuruan di Jawa Tengah mendapatkan akses ke dunia kerja. Aplikasi ini telah dirasakan manfaatnya oleh pihak SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana, Pati.

SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana memiliki lima jurusan, yaitu desain pemodelan, teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor, teknik permesinan, dan elektronik industri. Setiap tahun, sekolah ini meluluskan sekitar 540 siswa dari lima jurusan tersebut.

Wakil Kepala SMK Bhina Tunas Bhakti bidang Humas dan Hubungan Industri, Gigih Setiadi, mengatakan bahwa 30 persen dari lulusan sekolahnya sudah terserap di perusahaan-perusahaan mitra. Sedangkan 70 persen lainnya dapat mencari pekerjaan melalui aplikasi E-Makaryo.

“Aplikasi E-Makaryo sangat membantu untuk lulusan yang mencari perusahaan di daerah lokalan atau dekat dengan rumah. Aplikasi ini salah satu solusi pencarian kerja bagi lulusan SMK,” kata Gigih, Selasa (1/8/2023).

Gigih menjelaskan bahwa aplikasi E-Makaryo mudah diakses dan memiliki banyak perusahaan penyedia kerja. Para siswa dapat memilih perusahaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Resmikan Pasar Sengon Brebes, Pedagang Bawang Merah Berterima Kasih

“Siswa sangat bagus responnya karena mudah dan tidak banyak prosedur. Mereka juga bisa memilih mana perusahaan yang diinginkan,” ujarnya.

Gigih menambahkan bahwa SMK Bhina Tunas Bhakti tidak hanya terbantu untuk menghubungkan lulusannya ke dunia kerja, tapi juga mencari tenaga kerja untuk mengabdi di sekolahnya. Ia mengatakan bahwa sekolahnya juga menjadi salah satu penyedia kerja di aplikasi E-Makaryo.

“Kami juga salah satu penyedia kerja di E-Makaryo. Jadi ada tenaga kami yang masuk melalui E-Makaryo,” terangnya.

Salah satu contoh tenaga kerja yang masuk melalui E-Makaryo adalah Andriyono Miftahul Huda, seorang guru SMK Bhina Tunas Bhakti. Ia mengatakan bahwa ia mendapatkan pekerjaan melalui aplikasi E-Makaryo setelah sebelumnya bekerja serabutan di bengkel motor selama satu tahun.

“Saat bermain medsos saya ketemu sama postingan Pak Ganjar soal E-Makaryo terus saya coba akses, ternyata sangat mudah. Hanya butuh waktu kurang lebih satu minggu, saya mendapat panggilan dari SMK Bhina Tunas Bhakti. Saya tidak menyangka akan menjadi guru, tapi alhamdulillah perantara E-Makaryo ini saya bisa kerja,” cerita lulusan Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini.