Produk UMKM Jateng Laris Manis di Dekranasda Jateng Expo 2023 Banjarmasin

Produk UMKM Jateng Laris Manis di Dekranasda Jateng Expo 2023

Slawipos.com – Produk UMKM Jateng Laris Manis di Dekranasda Jateng Expo 2023 Banjarmasin, Produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Jawa Tengah mendapat sambutan hangat dari masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pada hari pertama penyelenggaraan Dekranasda Jateng Expo 2023 di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, penjualan ritel produk UMKM Jateng mencapai Rp117 juta. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir pekan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah. Ia mengatakan bahwa pameran ini bertujuan untuk melebarkan sayap pemasaran dan mendorong aktualisasi pelaku UMKM.

“Bagus sekali ya, hari pertama kemarin sudah Rp 117juta. Semoga makin ramai, banyak yang datang dan berbelanja,” ujarnya usai Talkshow ‘Biasa’ (Bincang Asik Dekranasda) bersama Ketua Dekranasda Kota Pekalongan Inggit Soraya Afzan A Junaid, dan Ketua Dekranasda Banjarmasin Siti Wasilah Ibnu Sina, Sabtu (29/7/2023).

Menurut Atikoh, dengan mengikuti pameran di luar provinsi, pelaku UMKM bisa lebih tahu target pasar dan tren yang sedang berkembang. Ia juga menggandeng desainer nasional untuk berkolaborasi dengan perancang lokal asal Kota Pekalongan dalam fashion show bertajuk Tjerita Batik Pesisir.

Baca Juga :   Siswa SMA Tanyakan Nasib Warga Jateng Setelah Ganjar Pensiun

“Jadi mereka dengan seperti itu akan termotivasi untuk merancang sebaik mungkin, terus mengetahui tren pasar seperti apa, atau lebih fokus dia itu mau bagaimana. Agar mereka juga bisa tukar pikiran, sehingga bisa memahami juga bagaimana kalau yang sudah berpengalaman, atau yang jangkauannya sudah nasional itu akan lebih mudah bisa mentransfer ilmunya,” katanya.

Atikoh berharap, kolaborasi antardaerah seperti ini bisa terus berjalan dan dikembangkan lebih baik lagi. Sehingga, selain meningkatkan ekonomi daerah, juga memacu perkembangan dan kekayaan budaya lokal.

“Kalau kita perkuat pemasaran di dalam negeri peluangnya luar biasa, nah untuk naik kelas kita ekspor. Salah satu langkahnya adalah kolaborasi antarprovinsi, antarkabupaten dan kota, karena lebih memperkaya budaya. Sehingga, akan semakin memperindah wajah Indonesia untuk masyarakat,” tandasnya.

Dekranasda Jateng Expo 2023 ini merupakan gelaran keempat yang digelar sejak 28-30 Juli 2023. Ada 34 booth yang berpartisipasi dalam pameran ini, di antaranya 32 booth UMKM asal Jawa Tengah dan 2 booth UMKM asal Kalimantan Selatan.