Dekranasda Jawa Tengah menggelar pameran produk UMKM Jateng di Atrium Duta Mall, Banjarmasin

Pameran produk UMKM Jateng di Atrium Duta Mall, Banjarmasin

Slawipos.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Tengah menggelar pameran produk UMKM Jateng di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (28/7/2023). Pameran yang dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pasar produk UMKM Jateng.

Atikoh mengatakan, pameran ini merupakan bagian dari promosi produk kerajinan yang ada di Jawa Tengah. Dia mengatakan, pameran ini juga sebagai sarana untuk belajar dan berkolaborasi dengan UMKM di Kalimantan Selatan.

“Kami Dekranasda Jateng berusaha melebarkan sayap pemasaran. Ini bagian dari promosi produk kerajinan yang ada di Jawa Tengah,” kata Atikoh.

Pameran ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari 28 Juli hingga 30 Juli 2023. Sebanyak 34 booth stand dari Jateng dan Kalsel menampilkan berbagai produk unggulan UMKM, seperti kerajinan tembaga dari Boyolali, produk keramik dari Salatiga, batik dari Pekalongan, hingga olahan makanan.

Atikoh mengatakan, setiap tahunnya pemasaran produk melalui kegiatan ini mengalami peningkatan. Dia menyebutkan, pada 2018 di Samarinda total transaksinya sebesar Rp638,22 juta, pada 2019 di Palembang total transaksinya naik menjadi Rp800,54 juta, dan pada 2022 di Makassar total transaksinya mencapai Rp1,252 miliar.

Baca Juga :   Rembang Luncurkan Aplikasi Srikandi untuk Pengelolaan Arsip Elektronik

“Harapannya selain ritel itu untuk repeat order-nya, dan bagaimana mereka bisa menjalin kerja sama itu. Jadi bukan hanya belanja ketika pameran, tapi pameran bagian dari pengenalan produk setelah beli ke depan jadi langganan,” ujarnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan, pameran ini merupakan salah satu bentuk pendampingan dan pengembangan UMKM Jateng agar naik kelas. Dia berharap, para pelaku usaha bisa belajar satu sama lain dan kelasnya meningkat.

“Kalau meningkat nanti kami ekspor. Kekuatan-kekuatan yang mesti kita dampingi dari setiap UMKM yang ada mesti betul-betul terarah programnya,” kata Ganjar.

Turut hadir dalam acara pembukaan pameran tersebut antara lain Wakil Ketua Dekranasda Jateng Nawal Arafah Yasin, Sekda Kalsel Roy Rizali, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina beserta istri, dan sejumlah Ketua Dekranasda kabupaten/ kota di Jateng.