Bupati Klaten Dorong Masyarakat Japanan Kembangkan Potensi Lokal

Bupati Klaten Sri Mulyani mengunjungi Desa Japanan

Slawipos.com – Bupati Klaten Dorong Masyarakat Japanan Kembangkan Potensi Lokal, Dalam rangka program Sambang Warga Tahun 2023, Bupati Klaten Sri Mulyani mengunjungi Desa Japanan, Kecamatan Cawas, Kamis (20/7/2023). Tujuannya adalah untuk menyerap aspirasi dan mengembangkan potensi lokal masyarakat.

Sri Mulyani mengatakan, Desa Japanan memiliki potensi lokal yang dapat menjadi produk unggulan, baik dari sektor pertanian maupun seni budaya. Ia menyebutkan contohnya adalah padi Rajalele Srinuk dan kesenian Gejog Lesung.

Pemkab Klaten saat ini telah memiliki hak PVT atas pengembangan padi Rajalele Srinuk. Sementara gejog lesung juga sudah ada HAKI-nya. Karena itu, saya mengajak masyarakat untuk ikut mengembangkan potensi lokal ini,” kata Sri Mulyani.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengapresiasi panganan lokal Desa Japanan, yaitu lepet legondo dan wedang tahu. Lepet legondo adalah kudapan dari beras ketan yang dibungkus janur, sedangkan wedang tahu adalah minuman hangat dari sari jahe dan kembang tahu.

“Saya dapat laporan kalau lepet legondo dan wedang tahunya Desa Japanan sampai dilirik oleh masyarakat dari luar Klaten. Ini merupakan potensi yang luar biasa, jika dikemas dengan baik dapat bernilai ekonomis yang dapat menyejahterakan masyarakat,” ujar Sri Mulyani.

Baca Juga :   Jombor Run 2023, Ajang Olahraga dan Pariwisata di Klaten

Sri Mulyani berharap, dengan adanya program Sambang Warga, Pemkab Klaten bisa lebih dekat dengan masyarakat dan mengetahui kebutuhan dan permasalahan mereka. Ia juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.