Program PMT Beri Dampak Positif bagi Anak Stunting dan Ibu Hamil KEK di Temanggung

Program PMT Beri Dampak Positif bagi Anak Stunting

Slawipos.com – Program PMT Beri Dampak Positif bagi Anak Stunting dan Ibu Hamil KEK di Temanggung, Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang ditujukan untuk anak-anak yang mengalami stunting dan ibu hamil yang mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK). Program ini telah berjalan selama dua bulan di Desa Gedongsari dan Padureso, Kecamatan Jumo, Temanggung.

Ketua TP PKK Temanggung Eni Maulani Saragih Al Khadziq mengatakan, program PMT telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan tinggi dan berat badan anak-anak dan ibu hamil yang menjadi sasaran. Ia mengatakan, ada kenaikan yang signifikan pada indikator tersebut setelah mengonsumsi makanan tambahan yang bergizi.

“Ini luar biasa, mudah-mudahan kenaikan yang signifikan ini dapat mengeluarkan Kabupaten Temanggung dari zona stunting dan dapat mencapai target penurunan angka stunting yang sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi,” kata Eni, Kamis (20/7/2023).

Eni menjelaskan, menu PMT yang diberikan kepada anak-anak dan ibu hamil terus dievaluasi dan diperbaharui sesuai dengan kebutuhan gizi dan selera mereka. Ia berharap, orang tua yang anaknya mendapat PMT bisa memberikan laporan yang jujur agar bisa diketahui efektivitas program tersebut.

Baca Juga :   Jamu Jadi Warisan Dunia, Pelaku Usaha di Jateng Siap Go Internasional

“Untuk memaksimalkan pemberian PMT, Ketua TP PKK meminta agar setiap orang tua yang anaknya mendapat PMT bisa memberikan laporan yang sebenarnya, agar bisa dievaluasi. Jika ada yang tidak suka atau tidak habis, bisa diganti dengan variasi lain yang gizinya setara, agar anak bisa mendapatkan asupan sesuai program,” ujar Eni.