Momen Libur Sekolah Bikin Penjualan Wuling Air ev Juni 2023 Anjlok

Mobil wuling ev 2023 indonesia

Slawipos.com – Momen Libur Sekolah Bikin Penjualan Wuling Air ev Juni 2023 Anjlok, Wuling Air ev menjadi salah satu mobil listrik yang mendapat insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari pemerintah. Namun, penjualan mobil listrik ini justru menurun pada Juni 2023. Apa penyebabnya?

Menurut data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Wuling Air ev pada Juni 2023 hanya sekitar 210 unit. Padahal, pada April dan Mei 2023, penjualan mobil listrik ini masih berada di kisaran 400-an unit.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengungkapkan, penurunan penjualan Wuling Air ev disebabkan oleh momen libur sekolah yang mempengaruhi pengeluaran konsumen untuk membeli mobil.

“Bulan Juni lalu merupakan musim libur sekolah yang mempengaruhi pengeluaran konsumen untuk melakukan pembelian mobil, termasuk juga penjualan Air ev,” ujar Dian saat dikonfirmasi detikOto, Senin (17/7/2023).

Dian menambahkan, angka penjualan Wuling Air ev pada Juni 2023 tidak menjadi gambaran besar penjualan mobil listrik ini di Indonesia. Ia berharap, penjualan Wuling Air ev bisa meningkat lagi di bulan-bulan selanjutnya.

Baca Juga :   Hasil Uji Tabrak Ulang Raize Hybrid Setelah Terlibat Skandal Daihatsu

Wuling Air ev merupakan mobil listrik yang memenuhi syarat penerima insentif PPN dari pemerintah karena memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40%. Tercantum dalam laman TKDN Kementerian Perindustrian, Wuling Air ev menggunakan komponen lokal sebanyak 40,04%.

Dengan insentif PPN ini, konsumen yang hendak membeli Wuling Air ev hanya perlu membayar PPN sebesar 1%, sementara 10% sisanya ditanggung pemerintah. Ini membuat harga Wuling Air ev ikut terpangkas. Paling tinggi terpangkas hingga Rp 26 jutaan.

Namun, insentif PPN ini rupanya belum mampu mendongkrak penjualan Wuling Air ev secara signifikan. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, distribusi Wuling Air ev pada enam bulan pertama tahun 2023 baru mencapai 1.654 unit. Sedangkan pada tahun 2022, distribusinya mencapai 8.000-an unit.

“Angka penjualan bisa dibilang dinamik dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Untuk bulan selanjutnya, tentunya kami berharap tren penjualan Air ev dapat meningkat,” tutup Dian.