Tekno  

Platform AI Jadi Pilihan Utama untuk Menjawab Pertanyaan, Google Terdesak

Platform AI Jadi Pilihan Utama untuk Menjawab Pertanyaan, Google Terdesak

Slawipos.com – Platform AI Jadi Pilihan Utama untuk Menjawab Pertanyaan, Google Terdesak, Google sebagai mesin pencari mulai tergusur. Hal ini dikarenakan, berdasarkan laporan terbaru, platform AI seperti ChatGPT kini lebih banyak dipakai untuk menjawab pertanyaan.

“Mayoritas masyarakat menggunakan sistem AI untuk menjawab pertanyaan. Ini menarik, chatbot seperti ChatGPT, Microsoft Bing, dan Google Bard bisa mengambil alih peran mesin pencari. Belum diketahui apakah ini menguntungkan atau merugikan,” kata laporan The Verge, tim Vox Media’s Insights and Research, dan perusahaan konsultan riset The Circus, Sabtu (1/7/2023).

Laporan itu menyebutkan, sebanyak 68% pengguna platform AI memanfaatkan teknologi tersebut untuk menjawab pertanyaan. Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.000 warga Amerika Serikat (AS).

Selain itu, sebanyak 54% mengaku menggunakan layanan AI generatif seperti ChatGPT untuk berdiskusi (brainstroming).

Banyak juga yang menggunakan teknologi AI untuk membuat sesuatu yang tidak bisa mereka lakukan sendiri, misalnya membuat karya seni.

Terdata penggunaan AI terkait foto sebanyak 37%, musik (31%), video (31%), desain (29%), membuat cerita (29%), hingga artwork (27%).

Baca Juga :   Samsung Kembangkan Cincin Pintar Galaxy Ring untuk Pelacak Kesehatan

Namun, ChatGPT cs tidak banyak digunakan untuk keperluan profesional. Hanya 26% yang menggunakan AI untuk analisa data, email (25%), posting blog (19%), coding (18%), dan lirik (18%).

Laporan itu juga membahas soal kecemasan penggunaan seni dengan AI. Sebagian besar dari responden survei (70%) mengatakan artis harus mendapatkan kompensasi jika ada AI yang meniru atau mengkloning karya mereka