Ribuan Warga Brebes Terdampak Kekeringan, Polres dan HCI Salurkan Air Bersih ke Empat Desa

Polres Tegal Kota Beri Bantuan Air Bersih untuk Warga Kelurahan Panggung Jelang Hari Bhayangkara ke-77

Slawipos.com – Ribuan Warga Brebes Terdampak Kekeringan, Polres dan HCI Salurkan Air Bersih ke Empat Desa, Kabupaten Brebes masih mengalami krisis air bersih akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Sebanyak 41 desa di 12 kecamatan di daerah tersebut kesulitan mendapatkan air bersih karena sumber air seperti sumur, bendungan, dan sungai mengering. Hal ini memicu aksi sosial dari berbagai pihak, termasuk Polres Brebes dan Hijrah Community Indonesia (HCI).

Polres Brebes bersama HCI menyalurkan air bersih ke empat desa yang terparah terdampak kekeringan. Keempat desa tersebut adalah Desa Sindangjaya, Baros, dan Pamedaran di Kecamatan Ketanggungan, serta Desa Dukuhwringin di Kecamatan Wanasari. Air bersih sebanyak 10.000 liter disalurkan melalui 10 unit truk tangki milik Polres Brebes.

Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq mengatakan, penyaluran air bersih ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada 1 Juli 2023. Ia mengatakan, ini adalah bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Ia juga berharap, ini bisa memperkuat hubungan antara Polri dan masyarakat.

Baca Juga :   Nakes Brebes Demo Lagi, Minta Formasi P3K 2023, Pemkab dan DPRD Janji Ini

Sementara itu, Ketua HCI Yanti Ria Anggraeni mengatakan, penyaluran air bersih ini sudah menjadi agenda rutin HCI setiap kali mengetahui ada daerah yang mengalami krisis air bersih. Ia mengatakan, HCI ingin membantu meringankan beban dan meningkatkan kesehatan warga yang terdampak kekeringan.

Warga yang menerima bantuan air bersih menyambut dengan antusias. Mereka berbondong-bondong mengambil air dari mobil tangki dengan membawa ember dan jerigen. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Polres Brebes dan HCI atas bantuan yang diberikan.