Tekno  

Intel Tunjukkan Performa Prosesor Raptor Lake Capai 6 GHz

Intel Tunjukkan Performa Prosesor Raptor Lake Capai 6 GHz

Slawipos.com – Intel Tunjukkan Performa Prosesor Raptor Lake Capai 6 GHz, Intel baru-baru ini memamerkan performa prosesor generasi ke-13 yang diberi nama kode Raptor Lake. Prosesor ini diklaim mampu mencapai kecepatan hingga 6 GHz dalam mode turbo.

Raptor Lake adalah prosesor berbasis arsitektur hibrida yang menggunakan inti P-core dan E-core, mirip dengan Alder Lake, tetapi dengan jumlah inti, frekuensi, dan cache yang lebih besar. Prosesor ini mendukung SSD PCIe 5.0, memori DDR5-5600MHz, dan memiliki clock boost puncak 6.0 GHz.

Prosesor ini bersaing dengan prosesor AMD Zen 4 Ryzen 7000 untuk kategori CPU terbaik untuk gaming dan performa. Prosesor ini bekerja pada platform soket LGA 1700/1800 dan kompatibel dengan motherboard seri 600 dan 790.

Intel menunjukkan performa Raptor Lake dalam acara Intel Innovation yang digelar secara virtual pada Oktober 2022 lalu. Dalam acara tersebut, Intel menampilkan demo benchmark Cinebench R23 yang menggunakan prosesor Core i9-13900K.

Prosesor ini memiliki 24 inti dan 32 thread dalam konfigurasi 8 P-core dan 16 E-core. Prosesor ini memiliki clock base 3.0 GHz, clock boost single-core 5.8 GHz (1-2) inti, dan clock boost all-core 5.5 GHz (semua 8 P-core).

Baca Juga :   Netflix Perbarui Fitur Transfer Profil, Bisa Pindah ke Akun yang Sudah Ada

Dalam demo tersebut, prosesor Raptor Lake mampu mencetak skor Cinebench R23 sebesar 35.000 poin, lebih tinggi dari skor Alder Lake sebesar 30.000 poin. Selain itu, prosesor ini juga mampu mencapai kecepatan hingga 6 GHz dalam mode turbo.

Intel mengklaim bahwa Raptor Lake memiliki performa single-threaded yang lebih baik dari Alder Lake, serta performa multi-threaded yang lebih baik dari AMD Ryzen 9 5950X. Intel juga mengatakan bahwa Raptor Lake memiliki efisiensi daya yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Intel Raptor Lake diharapkan akan tersedia di pasaran pada kuartal pertama tahun 2023. Versi mobile dari prosesor ini juga diharapkan akan dirilis pada akhir tahun ini.