Ganjar Pranowo Jajaki Kerja Sama Internasional dengan Negara-Negara ASEAN di Semarang

Ganjar Pranowo Jajaki Kerja Sama Internasional dengan Negara-Negara ASEAN di Semarang

Semarang – Ganjar Pranowo Jajaki Kerja Sama Internasional dengan Negara-Negara ASEAN di Semarang, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi tuan rumah dalam acara Gala Dinner 55th ASEAN Economic Ministers (AEM) yang diadakan di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Minggu (20/8/2023) malam. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian pertemuan para menteri ekonomi dan perwakilan dari negara-negara anggota ASEAN dan mitranya.

Ganjar memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjalin komunikasi dan menjajaki potensi kerja sama internasional dengan para tamu yang hadir. Ganjar berharap, kerja sama dengan negara-negara ASEAN dapat membawa kemajuan bagi Jawa Tengah, khususnya dalam bidang pemerintahan, perekonomian, dan perhubungan.

“Kami harapkan potensi-potensi dari ASEAN itu bisa tumbuh, bersama kita bekerja sama di kawasan, termasuk berkaitan dengan banyak hal yang bisa kita samakan dengan ASEAN,” jelas Ganjar saat bertemu dengan sejumlah menteri ekonomi dan perwakilan dari negara anggota ASEAN.

Selama memimpin Jawa Tengah, Ganjar telah menjalin kerja sama dengan banyak negara di berbagai bidang. Di antaranya, Australia pada bidang kesehatan dan energi terbarukan, Malaysia bidang pangan, Thailand bidang pertanian, China bidang tenaga kerja, hingga Norwegia bidang transisi energi.

Baca Juga :   Pemkab Batang dan Bulog Salurkan 78,7 Ton Beras untuk Warga Kurang Mampu

Ganjar mengatakan, kerja sama tersebut masih terus ditingkatkan dan diperluas. Ia menekankan pentingnya peningkatan produktivitas dan kemudahan perizinan untuk menggaet kerja sama dengan banyak negara, termasuk ASEAN. Ia juga menegaskan bahwa kolaborasi antara Jateng dan stakeholder selalu dilandasi dengan integritas.

“Kalaulah produktivitas kita sama, market kita juga besar, lalu kemudian kita bisa bersinergi, berkolaborasi, ini kekuatan yang dahsyat,” kata Ganjar.

“Kalau kemudian dengan ASEAN kita saling menguatkan, tentu tidak terlalu sulit ya. Sehingga produktivitasnya bisa kita tingkatkan, kemudahan izin kita lakukan, penegakkan hukum jalan. Saya kira semua (negara) akan datang,” tambahnya.

Ganjar juga mengungkapkan program kerja yang ia gagas bertajuk ‘Sister Province’, yaitu penguatan kerja sama antarprovinsi di negara sahabat. Ia berharap program ini dapat meningkatkan hubungan baik dan saling belajar antara Jateng dan provinsi lain di dunia.

Acara Gala Dinner 55th AEM ini tidak hanya dihadiri oleh perwakilan negara anggota ASEAN, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Tetapi juga negara mitra ASEAN, yaitu Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, India, Australia, dan Selandia Baru. Selain itu juga hadir mitra strategis seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Kanada, Rusia, dan Inggris.