Festival Bunga Bandungan 2023 Meriahkan Wisata Jawa Tengah

Festival Bunga Bandungan 2023 Meriahkan Wisata Jawa Tengah

Slawipos.com – Festival Bunga Bandungan 2023 Meriahkan Wisata Jawa Tengah, Bandungan, sebuah kawasan wisata di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menjadi lebih meriah dengan digelarnya Festival Bunga Bandungan, Minggu (13/8/2023). Festival ini menampilkan arak-arakan mobil berhias aneka bunga potong yang diikuti oleh ratusan peserta.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut hadir dan berpartisipasi dalam festival ini. Ia berjalan kaki bersama peserta lainnya dari alun-alun Bandungan hingga pasar bunga potong di Desa Jetis. Di sepanjang rute, ribuan warga menyambut dengan antusias dan mengabadikan momen tersebut.

Gubernur Ganjar mengapresiasi festival ini sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan potensi bunga potong hias di Bandungan, yang merupakan sentra produksi bunga di Jawa Tengah. Ia juga berharap festival ini dapat menambah daya tarik wisata dan menjadi agenda tahunan yang berskala nasional.

“Saya berharap, festival ini dapat menjadi agenda tahunan. Gandeng para pelaku seni untuk menambah daya tarik, sehingga dapat menjadi ajang tingkat nasional,” ucapnya.

Festival Bunga Bandungan kali ini merupakan yang kedua kalinya digelar setelah tahun lalu. Ada 13 mobil yang dihias dengan aneka bunga cantik, seperti mawar, anggrek, krisan, dan aster. Selain itu, ada juga 12 kelompok kesenian yang menampilkan tari-tarian dan musik tradisional.

Baca Juga :   Siswa SMA Tanyakan Nasib Warga Jateng Setelah Ganjar Pensiun

Ketua Pelaksana Festival Bandungan Endro Pranoto mengatakan, festival ini diselenggarakan atas swadaya dan dukungan penuh dari para petani bunga di Bandungan. Ia mengaku siap menjawab tantangan untuk mengenalkan festival ini di tingkat nasional.

“Kami siap menjawab tantangan untuk mengenalkan festival ini di tingkat nasional. Dukungan penuh dan swadaya para petani bunga menjadi modal kuat,” tutur Endro, yang juga Ketua Persatuan Pedagang Petani Bunga Bandungan (P3BB).