Ganjar dan Gibran Jelajahi Lokananta yang Kini Jadi Creative Hub

Ganjar dan Gibran Jelajahi Lokananta yang Kini Jadi Creative Hub

Slawipos.com – Ganjar dan Gibran Jelajahi Lokananta yang Kini Jadi Creative Hub, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Lokananta, studio rekaman legendaris yang telah direvitalisasi, Sabtu (12/8/2023). Lokananta kini tampil lebih modern dan menarik, dengan ruang terbuka yang luas dan penataan yang rapi.

Kedua pemimpin itu hadir dalam acara Flexing Lokal Bareng Google dan YouTube, yang diselenggarakan oleh Google Indonesia di Lokananta, Jalan Laweyan, Surakarta. Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki.

Setelah acara selesai, Ganjar dan Gibran menyempatkan diri untuk mengeksplorasi area galeri dan studio di Lokananta. Mereka melihat berbagai artefak dan rekaman musik yang menjadi saksi sejarah bangsa.

Di ruang diskografi, mereka mendengarkan rekaman pidato Presiden Sukarno tentang Manipol Usdek. Di ruang linimasa, mereka mengikuti perjalanan musik dari tahun 1951 hingga sekarang. Di ruang bengawansolo, mereka menyaksikan karya-karya musikus legendaris seperti Waldjinah, Buby Chen, Gesang, Titiek Puspa, Bing Slamet, hingga Ki Narto Sabdo.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Duduk Lesehan dan Nyanyi Bersama Warga Desa Tanjunganom

Ganjar mengapresiasi revitalisasi Lokananta yang membuatnya menjadi creative hub berbasis seni. Ia berharap Lokananta dapat menjadi tempat belajar dan berkarya bagi generasi muda.

“Orang bisa belajar musik di sini lebih banyak, kuliner ada, ruang ekspresi ada. Yang saya harapkan itu setiap hari ada orang bermain musik di sini,” ucap Ganjar.

Ganjar juga berharap Lokananta dapat menjadi destinasi wisata baru yang menarik minat masyarakat. Ia mengatakan bahwa Lokananta memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

“Jadi artinya mereka punya panggung yang bisa kita kelola dengan gampang. Bakat-bakat itu akan muncul, dan industri kita akan hidup lagi,” katanya.

Saat ini Lokananta memiliki sembilan ruangan di area galeri, yaitu galeri linimasa, gamelan, diskografi, bengawansolo, proklamasi, ruang pamer pustaka, Toko Lokananta, dan Anekanada. Lokananta juga memiliki Toko Online yang menjual produk-produk berkualitas seperti piringan hitam, kaset, CD, buku, kaos, dan tote bag.