Slawi  

Bupati Tegal Tegaskan Tidak Akan Intervensi Seleksi Sekda, 10 Pejabat Lolos Administrasi

Bupati Tegal Tegaskan Tidak Akan Intervensi Seleksi Sekda, 10 Pejabat Lolos Administrasi

Slawipos.com – Bupati Tegal Tegaskan Tidak Akan Intervensi Seleksi Sekda, 10 Pejabat Lolos Administrasi, Bupati Tegal Umi Azizah angkat bicara soal proses seleksi terbuka jabatan sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Tegal yang sedang berlangsung. Ia menegaskan bahwa ia akan bersikap profesional dan tidak akan campur tangan dalam seleksi tersebut.

Ia juga menepis anggapan bahwa ia sudah memiliki calon sekda yang dijagokan, atau bahwa ia akan memilih calon sekda yang memiliki kedekatan atau uang banyak. Ia mengatakan bahwa ia akan mengikuti aturan dan undang-undang yang berlaku dalam menentukan sekda terbaik untuk Kabupaten Tegal.

“Semua peserta memiliki kesempatan yang sama. Saya tidak akan memihak kepada siapa pun. Saya hanya ingin sekda yang profesional, kompeten, dan loyal kepada pemerintah dan masyarakat,” kata Bupati Umi, usai kegiatan Karhutla di Pemkab Tegal, Kamis 10 Agustus 2023.

Bupati Umi juga mengungkapkan bahwa jabatan sekda harus segera diisi karena jabatan tersebut sangat strategis dan penting dalam menjalankan roda pemerintahan. Apalagi, ia sendiri akan selesai masa jabatannya sebagai bupati pada akhir 2023 mendatang.

Baca Juga :   PCNU Kabupaten Tegal Gelar Apel Peringati Hari Santri Nasional 2022

“Saya ingin sebelum saya lengser, persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Tegal bisa terselesaikan dengan baik. Saya juga ingin meninggalkan warisan yang baik bagi penerus saya nanti. Oleh karena itu, saya butuh sekda yang bisa bekerja sama dengan saya dan meneruskan visi-misi saya,” ujar Bupati Umi.

Seleksi terbuka jabatan sekda Kabupaten Tegal dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal. Hingga batas akhir pendaftaran pada Jumat 4 Agustus 2023, terdapat 10 pejabat yang mendaftar dan lolos seleksi administrasi.

Dari 10 pejabat tersebut, 8 di antaranya berasal dari lingkungan Pemkab Tegal, sedangkan 2 lainnya berasal dari Kota Tegal dan Kabupaten Wonosobo. Berikut ini adalah daftar nama-nama peserta seleksi sekda Kabupaten Tegal:

  • Dra Suspriyanti MM (Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal).
  • Jaenal Dasmin, BE, S.Sos., MM (Kepala Dinas Perkim Kabupaten Tegal).
  • Untung Subagio, S.Sos (Sekretaris DPRD Kabupaten Tegal).
  • Drs. Akhmad Uwes Qoroni, MT (Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal).
  • Dr. Drs. Irkar Yuswan Apendi, MM (Kepala Dinas Porapar Kota Tegal).
  • Dessy Arifianto, S.Sos (Kepala Dinas Permasdes Kabupaten Tegal).
  • dr. Joko Kurnianto, SKM., M.Kes (Kepala Bagian Perencanaan, Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan RSUD dr. Soeselo Slawi).
  • Amir Makhmud, SE., M.Si (Kepala BPKAD Kabupaten Tegal).
  • Supriyadi, S.Sos. M.Si (Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal).
  • Drs. Bagyo Sarastono, M.Si (Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kabupaten Wonosobo).
Baca Juga :   Kecepatan Kereta Api Cirebon - Tegal Akan Ditingkatkan, Pintu Perlintasan Masih Jadi Masalah

Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin mengatakan bahwa seleksi sekda akan dilanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya, yaitu tes kompetensi manajerial dan teknis pada 14 Agustus 2023, tes wawasan kebangsaan pada 15 Agustus 2023, dan wawancara akhir pada 16 Agustus 2023.

“Kami berharap proses seleksi ini berjalan lancar dan transparan. Kami juga mengharapkan partisipasi dan dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat, media, dan lembaga-lembaga terkait. Kami ingin sekda yang terpilih nantinya adalah sekda yang benar-benar berkualitas dan berintegritas,” tutur Mujahidin.