Empat Pesan Atikoh Ganjar Pranowo untuk Kontingen Jateng di Rainas XII

Empat Pesan Atikoh Ganjar Pranowo untuk Kontingen Jateng di Rainas XII

Slawipos.com – Empat Pesan Atikoh Ganjar Pranowo untuk Kontingen Jateng di Rainas XII, Kontingen Jawa Tengah yang akan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XII tahun 2023 mendapat arahan dari Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo. Dalam pelepasan kontingen yang berlangsung di Wisma Perdamaian, Rabu (9/8/2023), Atikoh memberikan empat pesan khusus kepada para pramuka penegak dan pandega Jateng.

Pesan pertama adalah menjaga kesehatan, mengingat kondisi cuaca yang masih fluktuatif. Pesan kedua adalah mengutamakan tepa selira, yaitu sikap saling menghormati dan menghargai antara sesama peserta Rainas XII. Pesan ketiga adalah toleransi, yaitu sikap menghargai perbedaan dan keragaman yang ada di antara 21.000 orang pramuka dari seluruh Indonesia. Pesan keempat adalah kekompakan, yaitu sikap saling bekerja sama dan bahu-membahu dalam setiap kegiatan.

“Mereka bisa saling tepa selira dan menunjukkan jiwa berbaginya, gotong royong. Karena pasti nanti semuanya akan dilakukan bersama-sama,” ujar Atikoh.

Atikoh berharap, dengan mengikuti Rainas XII, para pramuka Jateng bisa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang berharga. Ia mengatakan, kegiatan pramuka tidak hanya untuk meningkatkan nasionalisme, tapi juga soft skill yang bisa bermanfaat di masyarakat.

Baca Juga :   Pemprov Jateng Terima Hibah Gedung dan Perangkat Balai Bahasa Jateng

“Ini adalah cara yang luar biasa, untuk menanamkan bagi adik-adik bagaimana mereka bisa meningkatkan nasionalisme, cinta terhadap bangsa dan negara, dan tentu saja bisa bermanfaat untuk masyarakat, karena di sini (Raimuna) nanti ada juga kegiatan-kegiatan bakti sosial,” tandasnya.

Rainas XII akan berlangsung pada 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur. Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta akan mengikuti total 122 kegiatan, yang terbagi dalam lima pilar kegiatan.

Rainas akan dihadiri 21.000 orang pramuka penegak dan pandega, yang merupakan kontingen dari setiap kwartir cabang se-Indonesia. Jawa Tengah menjadi Kwarda yang mengirimkan peserta terbanyak, yakni 1.304 pramuka penegak dan pandega.