Bupati Sukoharjo Minta Orari Antisipasi Hoaks Jelang Pemilu 2023

Bupati Sukoharjo Minta Orari Antisipasi Hoaks Jelang Pemilu 2023

Slawipos.com – Bupati Sukoharjo Minta Orari Antisipasi Hoaks Jelang Pemilu 2023, Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengapresiasi peran Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Sukoharjo dalam mendukung kegiatan pemerintahan dan penanggulangan bencana. Ia juga meminta Orari untuk berperan aktif dalam mengantisipasi berita hoaks dan informasi yang dapat memicu konflik dan perpecahan masyarakat menjelang Pemilu 2023.

Hal itu disampaikan Bupati saat membuka Musyawarah Lokal (Muslok) I Orari Lokal Sukoharjo 2023, yang digelar di Pendopo Graha Satya Praja Pemkab, Minggu (6/8/2023). Muslok diikuti oleh sekitar 100 anggota Orari dari berbagai daerah di Sukoharjo.

Bupati mengatakan, Orari sebagai salah satu organisasi yang menggunakan frekuensi radio harus senantiasa menjaga etika dan tidak menyalahgunakan frekuensi untuk kepentingan pribadi atau kelompok. Ia juga mengingatkan Orari untuk tidak terlibat dalam jamming (pengacakan) frekuensi yang dapat mengganggu komunikasi pihak lain.

“Orari harus menjadi mitra kerja pemerintah dalam menyebarluaskan informasi yang benar, akurat, dan bertanggung jawab kepada masyarakat. Jangan sampai Orari menjadi sumber atau penyebar hoaks yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Baca Juga :   Pemilu 2024: Blora Siap Distribusi Logistik, Bupati Optimis Semua TPS Terpenuhi!

Bupati juga berharap, Orari dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas anggotanya dalam bidang komunikasi radio. Ia mengatakan, Orari memiliki potensi besar untuk membantu pemerintah dalam hal komunikasi, khususnya saat terjadi bencana alam atau situasi darurat.

“Orari sudah banyak berkontribusi dalam membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana maupun kegiatan lain. Saya harap Orari dapat terus meningkatkan peran serta dan eksistensinya di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Orari Lokal Sukoharjo Agus Prasetyo mengatakan, Muslok merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun untuk membahas program kerja dan evaluasi kinerja Orari. Ia mengatakan, Muslok kali ini juga akan memilih pengurus baru untuk periode 2023-2025.

“Kami berharap Muslok ini dapat berjalan lancar dan demokratis. Kami juga siap mendukung program-program pemerintah daerah dan menjadi mitra dalam menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat,” katanya.