Dua Pasar di Wonogiri Direvitalisasi, Bupati dan Wagub Pimpin Peletakan Batu Pertama

Dua Pasar di Wonogiri Direvitalisasi, Bupati dan Wagub Pimpin Peletakan Batu Pertama

Slawipos.com – Dua Pasar di Wonogiri Direvitalisasi, Bupati dan Wagub Pimpin Peletakan Batu Pertama, Pemerintah Kabupaten Wonogiri mulai merealisasikan rencana revitalisasi dua pasar di wilayahnya, yaitu Pasar Krisak (Kecamatan Selogiri) dan Pasar Ngadirojo (Kecamatan Ngadirojo). Peletakan batu pertama pembangunan kedua pasar tersebut dilakukan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Wakil Bupati Setyo Sukarno, Sabtu (5/8/2023).

Bupati Joko Sutopo mengatakan, revitalisasi dua pasar ini diambil atas masukan dari para pedagang dan warga, karena kondisi pasar yang sudah tua dan rusak. Ia berharap, dengan pembangunan pasar yang baru, dapat meningkatkan ruang aktivitas ekonomi yang baik, bersih, terukur, dan tertata.

“Kami ingin memberikan fasilitas yang layak bagi para pedagang dan pembeli di pasar. Kami ingin meningkatkan derajat ekonomi pihak-pihak yang terlibat, khususnya di Kecamatan Selogiri dan Ngadirojo,” ujar Bupati yang akrab disapa Jekek.

Bupati menegaskan, seluruh pedagang kios dan los yang memiliki KTP pasar, nantinya dapat menempati lagi kios dan los yang tersedia secara gratis, tanpa pungutan biaya. Ia juga meminta kepada masyarakat dan pedagang untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah dibangun dari APBD tahun 2023 ini.

Baca Juga :   Wagub Jateng Janji Lanjutkan Program Insentif Guru Agama

“Nantinya pihak-pihak yang telah memiliki legalitas, baik pemilik kios maupun pemilik los, 100 persen dapat menempati lagi kios dan los yang tersedia, dan gratis tidak perlu membayar. Kami harap masyarakat dan pedagang dapat merawat aset yang baru dibangun dengan baik,” tegasnya.

Wakil Bupati Setyo Sukarno mengatakan, pembangunan dua pasar ini menelan anggaran sebesar Rp10 miliar, dan direncanakan akan selesai pada akhir tahun anggaran 2023. Ia mengatakan, dengan adanya pembangunan ini, akan meningkatkan fasilitas perekonomian, khususnya di bidang perdagangan.

“Kami ingin mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Wonogiri, khususnya bagi para perajin batik dan lurik di wilayah ini. Kami ingin mempromosikan produk lokal kita lewat pasar yang baru,” paparnya.

Wagub berpesan kepada kontraktor pelaksana proyek, untuk bekerja sebaik-baiknya dan menyelesaikan pembangunan pasar tepat waktu. Sehingga dapat segera digunakan dan dimanfaatkan oleh pedagang pasar dan masyarakat sekitar.

“Kami ingin kontraktor bekerja profesional dan bertanggung jawab. Kami ingin pasar yang dibangun sesuai dengan standar kualitas dan keamanan. Kami ingin pasar yang dibangun menjadi aset daerah yang bermanfaat,” tuturnya.

Baca Juga :   Pemprov Jateng Terima Hibah Gedung dan Perangkat Balai Bahasa Jateng

Peletakan batu pertama pembangunan Pasar Krisak dilakukan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo di lahan pembangunan Pasar Krisak. Sedangkan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Ngadirojo dilakukan oleh Wakil Bupati Setyo Sukarno di lahan pembangunan Pasar Ngadirojo. Kedua pejabat tersebut juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para pedagang dan warga setempat.