Bupati Sukoharjo Beri Seragam Baru untuk Juru Parkir, Harapkan Tingkatkan PAD

Seragam Baru untuk Juru Parkir Sukoharjo

Slawipos.com – Bupati Sukoharjo Beri Seragam Baru untuk Juru Parkir, Harapkan Tingkatkan PAD, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, memberikan seragam baru kepada juru parkir di wilayahnya, Kamis (3/8/2023). Pemberian seragam baru ini bertujuan untuk memicu semangat kerja juru parkir, yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir.

Seragam baru tersebut diserahkan secara simbolis oleh bupati di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya. Dalam sambutannya, bupati mengatakan bahwa pajak dan retribusi daerah merupakan sumber pendapatan penting untuk membiayai pemerintahan daerah, sesuai dengan Undang-undang Pajak dan Retribusi Daerah.

Bupati menekankan bahwa retribusi parkir di tepi jalan umum merupakan salah satu potensi PAD yang cukup besar. Ia menyebutkan bahwa pada tahun 2022, retribusi parkir telah berkontribusi sebesar Rp1,084 miliar, dari total PAD jenis retribusi daerah sebesar Rp19,258 miliar atau 5,6 persen.

“Retribusi parkir di tepi jalan umum telah menjadi komponen penting dalam usaha meningkatkan PAD di wilayah kita. Tentu dalam rangka usaha ini, diperlukan berbagai upaya bersama yang dapat menunjang pengelolaan parkir yang lebih baik,” ujar bupati.

Baca Juga :   Ganjar Puji Kerja Sama dengan Wartawan Selama 10 Tahun Pimpin Jateng

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pengelola dan petugas parkir, yang telah menjadi garda terdepan penghasil PAD Sukoharjo. Ia berharap, dengan adanya seragam baru, tanggung jawab petugas parkir dapat meningkat dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Pesan saya kepada teman-teman petugas parkir, untuk menarik retribusi parkir dengan sopan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta tempat yang sudah disediakan. Hal ini dimaksud agar tidak terjadi stigma di masyarakat, bahwa juru parkir melakukan pungutan liar dan memberatkan masyarakat,” tutur bupati.

Seragam baru yang diberikan kepada juru parkir berwarna biru tua dengan tulisan “Parkir Sukoharjo” di bagian depan dan belakang. Seragam tersebut juga dilengkapi dengan topi dan rompi berwarna sama. Jumlah juru parkir yang mendapatkan seragam baru sebanyak 150 orang, yang tersebar di 50 titik lokasi parkir di Kabupaten Sukoharjo.