Slawi  

Pasar Randugunting Kota Tegal Direvitalisasi, Pedagang Pindah ke Halaman Pasar

Pasar Randugunting Kota Tegal Direvitalisasi, Pedagang Pindah ke Halaman Pasar

Slawipos.com – Pasar Randugunting Kota Tegal Direvitalisasi, Pedagang Pindah ke Halaman Pasar, Pasar Randugunting yang terletak di jalan KS Tubun Kota Tegal sedang menjalani proyek revitalisasi. Proyek ini membuat para pedagang yang biasa berjualan di dalam pasar harus pindah ke halaman depan dan belakang pasar untuk sementara waktu.

Proyek revitalisasi ini merupakan bantuan dari Kementerian Perdagangan RI tahun 2023. Proyek ini dimulai sejak tanggal 24 Juli 2023 dan ditargetkan selesai pada tanggal 20 Desember 2023. Proyek ini bertujuan untuk membuat pasar lebih nyaman, bersih, dan tertib sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal, Triyanto, mengatakan bahwa ada sekitar 400 pedagang di Pasar Randugunting. Namun, hanya 210 pedagang yang aktif dan ikut relokasi. Proses relokasi dilakukan dengan cara undian dan berjalan lancar.

Triyanto juga mengatakan bahwa setelah proyek revitalisasi selesai, akan ada penataan ulang para pedagang dengan mengutamakan keadilan. Misalnya, pedagang yang memiliki banyak los akan dibagi rata dengan pedagang lain. Triyanto berharap bahwa revitalisasi pasar akan memberikan manfaat bagi pedagang dan pengunjung pasar.

Baca Juga :   Penerbitan Buku Karya Penulis Tegal Disukung Duta Baca Indonesia

“Jika pasar sudah nyaman, maka tidak hanya bagi pedagang saja, tetapi juga akan dirasakan oleh pengunjung pasar,” katanya.

Saat ini, baru ada dua pasar di Kota Tegal yang menuju pasar SNI, yaitu Pasar Kraton dan Pasar Martoloyo. Pasar SNI memiliki konsep meja pedagang yang terbuat dari tembok beton, dan sistem pembuangan sampah yang tertata, sehingga mewujudkan sirkulasi pasar yang tertib, aman dan bersih.

Salah satu pedagang di Pasar Randugunting, Abdul, mengaku meski saat ini lokasinya berpindah dan membuat pembeli sulit mencarinya, namun dia mendukung adanya revitalisasi pasar. Dia berharap bahwa nantinya pasar akan lebih nyaman bagi pedagang dan pembeli.