Bupati Sukoharjo Dorong Gemar Makan Ikan Sejak Dini, Cegah Stunting dan Cerdaskan Anak

Bupati Sukoharjo Dorong Gemar Makan Ikan Sejak Dini, Cegah Stunting dan Cerdaskan Anak

Slawipos.com – Bupati Sukoharjo Dorong Gemar Makan Ikan Sejak Dini, Cegah Stunting dan Cerdaskan Anak, Jumat (28/7/2023), Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), di Balai Desa Krajan, Kecamatan Gatak. Bupati mengajak masyarakat, terutama ibu-ibu hamil dan balita serta anak-anak, agar gemar mengonsumsi ikan.

Bupati Etik mengatakan, ikan mengandung asam lemak tidak jenuh Omega 3, terutama EPA dan DHA, yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein darah. Selain itu, zat omega 3 juga sangat penting untuk perkembangan kecerdasan anak, terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), serta mencegah stunting.

“Kita berusaha untuk mendorong masyarakat, terutama ibu-ibu hamil dan balita serta anak-anak, agar gemar mengonsumsi ikan,” kata Etik.

Ia juga mendorong peran serta pemerintah desa, dalam peningkatan angka konsumsi ikan. Ia menyarankan agar menyajikan ikan sebagai hidangan saat rapat, pertemuan, dan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan, program gemarikan sudah dicanangkan sejak tahun 2004 dan terus dilakukan hingga saat ini. Program gemarikan juga menjadi program prioritas dinas sejak 10 tahun lalu.

Baca Juga :   KKP RI Dorong Pengusaha Olahan Ikan Rembang Manfaatkan Media Sosial

“Sasarannya adalah anak usia sekolah dan masyarakat. Selain dalam upaya penurunan stunting, juga untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Sukoharjo yang masih rendah,” ucap Bagas.