Ganjar Pranowo Tinjau Posyandu di Banyumas, Beri Bantuan Antropometri Kit

Ganjar Pranowo Tinjau Posyandu di Banyumas 2023

Slawipos.comGanjar Pranowo Tinjau Posyandu di Banyumas, Beri Bantuan Antropometri Kit. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak henti-hentinya mengkampanyekan pencegahan stunting di daerahnya. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi langsung posyandu di tingkat desa dan berinteraksi dengan ibu-ibu dan balita.

Rabu (26/7/2023), Ganjar berkunjung ke Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Di sana, ia menyaksikan pelaksanaan Posyandu Putra Lestari 2, yang menangani ibu hamil dan balita.

Ganjar bahkan ikut menimbang berat badan seorang balita bernama Ellen Mecca, yang berusia tujuh bulan. Balita itu tampak senang digendong oleh Ganjar, yang juga memberikan semangat kepada ibunya.

Ganjar mengatakan, penanganan stunting harus dilakukan secara terus-menerus dan komprehensif. Mulai dari memberikan edukasi kepada perempuan yang belum menikah, ibu hamil baru, calon suami, hingga keluarga.

“Mesti periksa setidaknya enam kali selama masa kehamilan. Terus asupan gizinya, suaminya mesti ngantar. Ini cara yang bagus,” kata Ganjar.

Ia juga mengapresiasi kinerja kader kesehatan, bidan desa, dokter puskesmas, dan kepala desa di Desa Kracak. Pasalnya, desa tersebut berhasil mencapai angka stunting nol persen.

Baca Juga :   Gowes dan Senam Bahagia Meriahkan HUT RI, Hari Jadi Klaten, dan Hari Bhakti Adhyaksa

“Tadi saya melihat ada yang diperiksa ibu-ibu kumpul berapa, dan yang stunting nol. Maka perhatian para kader kesehatan bagus sekali, bidan desa hebat. Dan, dokter puskesmas serta kades bagus,” puji Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga memberikan bantuan antropometri kit, yaitu alat untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia. Alat ini berguna untuk mendeteksi risiko stunting sejak dini.

“Dalam pertemuan seperti ini kita bisa mengedukasi banyak hal, soal perkawinan, stunting, termasuk KB. Inilah intensitas untuk menurunkan angka stunting,” ujarnya.

Bantuan antropometri kit ini disalurkan ke sejumlah desa di Jawa Tengah dengan anggaran Rp4 miliar pada 2023. Di Kabupaten Banyumas ada 20 desa yang menerima bantuan tersebut.

Sementara itu, Lis Pujianti, ibu dari Ellen Mecca mengaku senang bisa bertemu langsung dengan gubernur saat posyandu. Ia merasa gubernur sangat peduli dengan kesehatan anak-anak dan generasi penerus.

“Senang, tadi anak saya digendong sama Pak Ganjar. Ya, Pak Ganjar sangat peduli kepada anak-anak,” tuturnya.