Tahun 2023 Jepara Tambah 11 Desa Antinarkoba di Kecamatan Rembang

Jepara Tambah 11 Desa Antinarkoba di Kecamatan Rembang

Slawipos.com – Tahun 2023 Jepara Tambah 11 Desa Antinarkoba di Kecamatan Rembang, Kabupaten Jepara semakin gencar dalam upaya pemberantasan narkoba. Pada tahun 2023 ini, Jepara menetapkan 11 desa di Kecamatan Rembang sebagai Desa Antinarkoba (Annaba). Ke-11 desa tersebut adalah Bucu, Kaliaman, Kancilan, Dudakawu, Pendem, Tubanan, Jinggotan, Sumanding, Balong, Cepogo, dan Dermolo.

Penetapan ini dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara melalui Kepala Bakesbangpol Lukito Sudi Asmara dalam acara pencanangan 11 desa antinarkoba di wisata air terjun Songgo Langit, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Selasa (25/7/2023).

Lukito mengatakan, dengan adanya 11 desa antinarkoba baru di Kecamatan Rembang, maka jumlah desa antinarkoba di Jepara menjadi 23 desa. Ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ada peningkatan 100 persen lebih desa antinarkoba di Jepara dari tahun sebelumnya,” ujar Lukito.

Lukito juga menyebutkan, bahwa Jepara telah memiliki relawan atau duta antinarkoba yang tersebar di 99 desa. Setiap desa memiliki sekitar 10 orang relawan. Di Desa Bucu saja, ada 100 orang relawan antinarkoba. Jumlah total relawan antinarkoba di Jepara mencapai lebih dari 1.000 orang.

Baca Juga :   Komisi Irigasi Jateng Dikukuhkan, Harapkan Manajemen Air Lebih Baik

“Belum lagi para pelajar yang menjadi duta antinarkoba di Jepara,” kata dia.

Lukito berharap, dengan adanya desa antinarkoba, Jepara bisa menurunkan peringkat kasus narkoba di Jawa Tengah. Saat ini, Jepara berada di peringkat lima kasus narkoba di Jawa Tengah. Padahal sebelumnya, Jepara pernah berada di peringkat dua.

“Kita punya sejarah buruk narkoba. Sekarang pun masih jadi ancaman serius seperti fenomena gunung es. Bisa jadi masih banyak kasus yang belum terlacak,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengimbau, agar para petinggi desa antinarkoba bisa membuat posko dan program pencegahan dan penyalahgunaan narkoba di masing-masing desa. Dia mengatakan, kerja sama dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk memberantas narkoba di Jepara.

“Kita harus bersama-sama melawan narkoba dari tingkat atas hingga bawah,” kata dia.