Tekno  

Alat Canggih Unair untuk Lindungi Mata dari Kelelahan Akibat Laptop

Alat Canggih Unair untuk Lindungi Mata dari Kelelahan Akibat Laptop

Slawipos.com – Alat Canggih Unair untuk Lindungi Mata dari Kelelahan Akibat Laptop, Laptop menjadi perangkat yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Namun, penggunaan laptop yang tidak sesuai dengan standar kesehatan dapat menimbulkan resiko astenopia atau kelelahan mata. Untuk mengatasi hal ini, seorang dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) menciptakan sebuah alat peringatan kondisi aman penggunaan komputer jinjing.

Ir. Riky Tri Yunardi, ST., MT., adalah dosen Program Studi Otomasi Sistem Instrumentasi yang merancang alat tersebut. Ia mengatakan bahwa alat ini dapat mengukur jarak, intensitas cahaya, dan waktu penggunaan laptop sehingga dapat meminimalisir kelelahan mata. Alat ini juga akan memberikan sinyal bunyi jika pengguna terlalu dekat dengan layar atau jika intensitas cahaya tidak sesuai.

Alat ini terdiri dari mikrokontroler ATMega328, sensor pengukur jarak HC-SR04, dan sensor pengukur intensitas cahaya BH1750. Alat ini dapat diletakkan di belakang layar dan akan bekerja secara otomatis. Riky mengatakan bahwa alat ini praktis dan efisien dalam penggunaannya.

Baca Juga :   Satelit Satria-1 Satelit Internet Pertama Indonesia yang Meluncur ke Luar Angkasa

Inovasi ini bermula dari tugas akhir salah satu mahasiswanya, Nadheta Maulida Sari. Riky melihat adanya potensi untuk mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Ia berharap bahwa alat ini dapat digunakan secara luas, tidak hanya oleh individu, tetapi juga oleh lingkungan kerja yang banyak menggunakan laptop.

Kelelahan mata akibat laptop dapat menyebabkan berbagai gejala seperti mata pegal, letih, sakit, dan tidak nyaman. Kelelahan mata juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi pengguna laptop untuk menjaga kesehatan matanya dengan menggunakan alat peringatan kondisi aman penggunaan komputer jinjing buatan Unair ini.