Forum CSR Indonesia Dorong Pendanaan Multipihak untuk Mitigasi Krisis Iklim

Forum CSR Indonesia Dorong Pendanaan Multipihak untuk Mitigasi Krisis Iklim

Slawipos.com – Forum CSR Indonesia Dorong Pendanaan Multipihak untuk Mitigasi Krisis Iklim, Pemerintah Indonesia bersama para mitra meluncurkan Global Blended Finance Alliance (GBF) melalui Tri Hita Karana (THK) Forum sebagai upaya untuk memitigasi krisis iklim yang telah melanda banyak negara. GBF, yang diinkubasi oleh THK Forum, bertujuan untuk membuka pendanaan antar negara dan mitra untuk memitigasi krisis iklim dan lingkungan serta mereplikasi solusi pembiayaan campuran multipihak.

Salah satu upaya mitigasi krisis iklim adalah melalui dekarbonisasi, yaitu mengurangi emisi gas rumah kaca dari berbagai sektor. Untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya dekarbonisasi, Forum CSR Indonesia mengadakan Seminar Sustainability Talks 2023 di Soehanna Hall, The Energy Building, Jakarta pada Rabu, 5 Juli 2023.

Ketua Umum Forum CSR Indonesia, Mahir Bayasut, menyampaikan bahwa seminar ini dapat memberikan banyak insight dan inspirasi bagi pelaku bisnis dan institusi tentang strategi menciptakan bisnis dan industri yang berkelanjutan lintas sektor pada era digitalisasi. Ia menambahkan bahwa seminar ini merupakan upaya untuk mengamplifikasi program pendanaan multipihak yang diinisiasi oleh pemerintah sebagai instrumen harmonisasi program CSR perusahaan dan memitigasi krisis iklim.

Baca Juga :   Cara Beli Solar Subsidi dengan Aplikasi MyPertamina, Ini Langkah-langkahnya

Pada kesempatan yang sama, Kementerian Sosial juga melaksanakan Padmamitra Award 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada dunia usaha yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial di Indonesia. Terdapat 11 kategori penghargaan pada Padmamitra Award untuk Perusahaan Swasta, BUMN, dan BUMD. Ketua Panitia Kegiatan Padmamitra Award 2022, Rio Zakarias W., menambahkan bahwa terdapat 155 perusahaan yang mendaftar dari seluruh Indonesia pada seleksi administrasi yang dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2022.