Slawi  

Taman Baca Sakila Kerti menjalin Kerja Sama dengan UPS Tegal untuk bekali ilmu bisnis

Taman Baca Sakila Kerti menjalin Kerja Sama dengan UPS Tegal untuk bekali ilmu bisnis

Slawipos.com – Taman Baca Sakila Kerti menjalin Kerja Sama dengan UPS Tegal untuk bekali ilmu bisnis, TBM-PKBM Sakila Kerti terus berupaya memberikan layanan bermanfaat kepada para peserta didiknya. Selain memberikan edukasi, juga membekali mereka dengan keterampilan berwirausaha.

Kolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menjadi salah satu bentuk pemberdayaan para peserta didik di TBM-PKBM Sakila Kerti Terminal Tegal.

Kolaborasi ini direalisasikan dengan penandatanganan kerja sama yang dilaksanakan di ruang rapat Terminal Tipe A Tegal, Selasa (6 Juni 2023). Hadir dalam acara tersebut Kepala Program Studi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPS Tegal, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tegal, Manager Gramedia Cabang Tegal dan Pengelola TBM-PKBM Sakila Kerti.

Dr Yusqon selaku Pengelola TBM-PKBM Sakila Kerti menyampaikan, bahwa tujuan mendirikan Sakila Kerti di Terminal Tegal adalah untuk mengedukasi dan memberikan hak pendidikan kepada warga terminal, misalnya pedagang, anak pedagang, pengasong, dan sebagainya.

“Kala itu Sakila Kerti menjangkau mereka, baik warga yang berada di terminal maupun di sekitar terminal agar mendapatkan pendidikan yang pantas, termasuk memberikan pendidikan mental dan karakter,” kata Yusqon.

Baca Juga :   Kampung Seni Tegal Terima Bantuan Fasilitasi dari Badan Bahasa Kemendikbudristek

Sekarang ini, anak-anak warga terminal sudah mampu dan termotivasi bersekolah, baik di RA-PAUD, maupun Pendidikan Non Formal seperti kejar paket A, B dan C.

Sakila Kerti berharap apa yang telah dilakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat, termasuk kerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPS Tegal, melalui Program Penelitan dan Pengabdian Masyarakat, akan berbagi ilmunya kepada peserta didik di Sakila Kerti.

Kepala Program Studi Bisnis Digital Deddy Prihadi SE M.Kom menyampaikan, kerja sama yang dilakukan sebagai pelaksanaan dari Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UPS Tegal. Mahasiswa dan dosen pembimbing akan memberikan pembelajaran, pelatihan kepada peserta didik di Sakila Kerti, agar bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari, memberikan manfaat dan membantu mereka yang berwirausaha. Karena, pembelajaran yang diberikan berkaitan dengan ilmu bisnis dan wirausaha.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tegal Ibnu Indiarto Hadi S.Sos sangat menghargai apa yang sudah dilakukan Sakila Kerti yaitu dengan memberdayakan masyarakat di terminal dan di sekitar terminal. Melalui program edukasi yang diberikan, diharapkan tidak ada lagi warga yang putus sekolah atau yang masih belum bisa membaca.

Baca Juga :   Kirab Toa Pe Kong Meriahkan Perayaan Sejit Kongco YM Ceng Gwan Cing Kun di Kota Tegal

Selaku Manager Gramedia Cabang Tegal, Dewi Ratnasai mengatakan, sebagai outlet buku di Indonesia, Gramedia turut berpartisipasi dan berkontribusi memberikan edukasi dan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan buku bacaan. Gramedia menurut Dewi, akan selalu mendukung dan mensupport melalui bantuan buku-buku yang diberikan.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal dengan Sakila Kerti.