Slawi  

Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tegal Satya Dahayu

Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tegal Satya Dahayu

Slawipos.com – Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tegal Satya Dahayu, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tegal Satya Dahayu, sejak resmi beroperasi pada tanggal 3 Maret 2023 lalu, telah membuka 169 jenis layanan dari sejumlah organisasi perangkat daerah dan instansi mitra Pemerintah Kabupaten Tegal. Termasuk di dalamnya layanan nikah gratis dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal.

Pada tanggal 6 April 2023 lalu, pasangan Ary dan Merlyn menjadi pasangan perdana yang resmi menikah di MPP Satya Dahayu. Mereka dibebaskan dari biaya administrasi pernikahan dan pulangnya sudah langsung membawa KTP dan kartu keluarga yang baru.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Tri Guntoro, menyambut baik dibukanya layanan di MPP Satya Dahayu. Sebelumnya, layanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi mempelai yang menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) telah berjalan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Tegal.

“Integrasi layanan adminduk dengan pencatatan nikah sudah berjalan sebelumnya di semua KUA. Hari ini, kita berikan layanan tersebut di MPP yang tentunya akan berlaku seterusnya,” kata Triguntoro.

Baca Juga :   Kapolres Tegal Kota: Idul Adha Momentum Ubah Mindset Jadi Lebih Peduli dan Berbagi

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tegal Moh Sholeh membenarkan adanya intergrasi layanan tersebut di MPP Satya Dahayu. Menurutnya, pembebasan biaya administrasi pernikahan dapat diberikan karena MPP ini termasuk fasilitas perkantoran di mana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal juga membuka layanannya di sini.

“Bagi yang berminat melangsungkan pernikahan di sini monggo, kita layani, Semuanya gratis, kecuali dekorasi yang saat ini belum tersedia. Jadi ini kita serahkan ke mempelai, termasuk mungkin konsumsi untuk mempelai dan keluarganya,” ujarnya.

Sementara itu, Ary, mempelai pria mengaku senang bisa melangsungkan prosesi akad nikahnya di tempat ini. Menurutnya, layanan nikah gratis di MPP ini sangat cepat dan terbebas dari biaya administrasi. Pun demikian dengan ruang akad nikah yang disediakan Pemkab Tegal ini nyaman layaknya hotel dan mampu menampung anggota keluarga yang mengiringi.

Senada dengan Ary, ibu mertuanya, Dewi Mei Anggraeni mengaku puas dengan pelayanan akad nikah gratis di MPP Satya Dahayu yang dinilainya mudah dan ramah.