Slawipos.com – TPID dan Pemerintah Kota Tegal Siapkan 1000 Paket Bersubsidi di Operasi Pasar Murah untuk Warga, Untuk mengatasi naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok, seperti gula pasir, minyak sayur dan beras, Pemerintah Kota Tegal, bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal, Bulog Cabang Pekalongan dan Bank Jateng menggelar Operasi Pasar Murah di halaman Pasar Randugunting Jalan KS Tubun Kota Tegal, Kamis (20 Oktober 2022).

Sebanyak 1000 paket bersubsidi disediakan untuk masyarakat. Paket tersebut berisi minyak goreng 1 liter, beras premium 5 kg dan gula pasir 1 kg. Satu paket bersubsidi hanya dihargai Rp56.000.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal M Taufik Amrozy dalam sambutannya mengatakan, operasi Pasar Murah yang diadakan dimaksudkan untuk memitigasi atau mengatasi dampak kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok yang sampai saat ini masih tinggi.

Dari data BI Tegal menyebutkan, pada September inflasi month to month (mtm) mencapai lebih dari 1%, dan year on year (yoy) menembus angka 7. Namun kenaikan tersebut tidak hanya di Kota Tegal saja, tetapi hampir sebagian besar terjadi di daerah-daerah.

Baca Juga :   7 Tempat Nongkrong Paling Hits Tahun 2022 di Tegal, Mari Kita Coba

Dijelaskan Taufik, kenaikan tersebut disebabkan karena situasi dunia yang tidak menentu dan kondisi domestik seperti musim yang saat ini tengah melanda.

Pada Pasar Murah ini, satu paket berisi 1 kg gula pasir, 5 kg beras premium dan 1 liter minyak sayur hanya seharga Rp56.000. Sedangkan di pasaran saat sekarang ini harga gula pasir Rp13.500/kg, beras premium Rp12.500/kg dan minyak sayur di kisaran Rp14.000-15.000/ liter.

Sementara Pj Sekda Kota Tegal Dr dr Sri Primawati mengatakan bahwa Pasar Murah menjadi upaya untuk menjaga stabilitas harga dan mengendalikan laju inflasi. Selain diadakannya Pasar Murah, upaya untuk menekan harga adalah dengan menjalin kerja sama antar daerah.

Salah satu kebutuhan pokok di Kota Tegal yang menjadi penyumbang inflasi adalah beras. Prima berharap semua pihak yang terlibat bisa saling berkoordinasi dan bekerja sama untuk bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat salah satunya yakni menekan kenaikan harga atau kenaikan inflasi.

Pada operasi Pasar Murah, warga yang ingin mendapatkan paket bersubsidi sudah mengantri sejak pagi. Dengan sistem pembagian kupon, warga satu persatu memperoleh kupun, untuk membeli paket sembako bersubsidi tersebut.

Baca Juga :   Muhadi Berharap Dedy Yon Tak Maju Lagi di Pilwalkot Tegal 2024

Maslikha warga Kelurahan Debong Tengah merasa senang mendapatkan kupon pembelian paket bersubsidi tersebut. Dirinya mendengar informasi Pasar Murah dari tetangganya dan berharap program pemerintah serupa bisa rutin dilaksanakan agar bisa membantu masyarakat kecil.