Slawipos.com – Tak Lama Lagi Air Bersih Banyumas Mengalir ke Pulosari, Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat meninjau proyek penyediaan jaringan air baku di Desa Clekatakan Kecamatan Pulosari, Senin (10/10). Kegiatan ini untuk mengetahui seberapa jauh pengerjaan pembangunan jaringan air baku di Pulosari.

Mansur mengatakan bahwa proyek tersebut dikerjakan sudah lebih dari 80%. Karena itu dalam waktu satu bulan kedepan proyek tersebut selesai.

Dengan selesainya proyek maka sebentar lagi air bersih bisa dialirkan ke masyarakat di sembilan desa di Kecamatan Pulosari yang selama ini masih kekurangan air bersih.

“Monitoring ini untuk mengetahui seberapa jauh pengerjaanya dimana penampungan pertama dari sumber mata air di Banyumas yang dialirkan sejauh 16 Kilometer menuju penampungan di Desa Clekatakan,”kata Mansur didampingi Direktur Utama Perumda Tirta Mulia Pemalang Slamet Efendi.

Air yang dialirkan dari Banyumas itu memiliki kapasitas 500 m³ air bersih.

Sementara itu waktu pelaksanaan proyek tersebut adalah 270 hari yang dimulai sejak tanggal 14 Februari sampai dengan berakhir pada 10 November 2022. Sedangkan anggaran proyek berasal dari dana APBN tahun anggaran 2022 melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air pada Kementerian PUPR RI.

Baca Juga :   Tim dan Relawan SAR Arvanat Dikukuhkan Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo

Adapun dalam pelaksanaan proyek, lokasi yang berada di perbukitan memunculkan kendala transportasi yakni dalam aktivitas pengangkutan bahan material. “Ini luar biasa, melihat lahannya lokasinya di bukit dan di tengah hutan maka bisa terlihat kendala dalam proyek ini yaitu transportasi sedangkan masalah perizinan masih berproses sehingga secara keseluruhan tidak ada masalah” imbuhnya.