Slawipos.com – Sebagai Upaya Pengawasan, Bawaslu Kota Tegal Adakan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu, Sebagai upaya pengawasan secara optimal dan mewujudkan suksesnya Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal mengadakan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu Bawaslu Kota dan Pengawas Ad Hoc, di Plaza Hotel, Rabu (16 November 2022).

Acara tersebut dihadiri Lurah se-Kota Tegal, Intel Polres Tegal Kota, Pengawas Kecamatan dan unsur terkait lainnya. Hadir pula narasumber dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tegal M Saekhun, dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal Moh. Mansur Syariffudin, M.S.I, dan dari Dosen Fakultas Hukum Univ Trisakti, Dr. Radian Syam, SH. MH.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto mengatakan, bahwa tugas pengawasan Bawaslu akan terus berjalan, baik sebelum dilaksanakannya Pemilu maupun setelahnya.

Untuk itu, konsolidasi, koordinasi dan sinergitas dengan mitra-mitra Bawaslu, baik dari kelurahan, kepolisian, maupun unsur terkait lainnya perlu dilakukan, sebagai antisipasi terjadinya pelanggaran. Sebab menurut Akbar, suksesnya Pemilu adalah untuk masyarakat.

Akbar juga berpesan, dari materi yang disampaikan agar bisa disimak dengan baik, untuk bisa disosialisasikan kepada masyarakat.

Baca Juga :   UPDATE Harga Bahan Pokok Di Pasar Pagi Kota Tegal 13 Juli 2022

M Saekhun selaku Ketua PWI Tegal membenarkan bahwa kesuksesan Pemilu merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat, tidak hanya unsur pemerintah saja, namun semua elemen masyarakat, termasuk peran media.

Berbicara media, kini sudah berkembang pesat dengan menggunakan akses internet, dan platform media yang beragam jenisnya. Media termasuk media sosial sangat rentan atau rawan penyebaran berita bohong. Untuk itu harus disikapi dengan bijak.

Ditegaskan Saekhun, media memiliki peran sangat penting, sebagai kontrol sosial dan menyampaikan informasi yang akurat kepada masyarakat. Namun media yang kredibel adalah yang sudah terverifikasi Dewan Pers.

Sementara Moh. Mansur Syariffudin, M.S.I dari KPU Kota Tegal mengatakan, sebagaimana tugas dan kewenangan KPU adalah melaksanakan tahapan-tahapan Pemilu, seperti urusan administrasi partai politik, ataupun calon yang diusung partai politik.

Namun semua yang dilakukan untuk satu tujuan yaitu suksesnya pelaksanaan Pemilu.

Konsolidasi juga diisi dengan sesi tanya jawab, dari para peserta kepada para pemateri.