Slawipos.com – PC Fatayat NU Kabupaten Tegal Gelar Sosialisasi Bersama UNICEF, Peduli terhadap pencegahan kematian ibu dan bayi di Kabupaten Tegal, PW Fatayat NU Jawa Tengah bekerja sama dengan UNICEF Indonesia dan PC Fatayat NU Kabupaten Tegal menggelar sosialisasi bagi para ibu hamil di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.

Acara bertajuk “Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Tentang Perubahan Sosial dan Perilaku untuk Respons Covid-19, Pencegahan Angka Kematian Ibu dan Bayi” ini digelar di Puskesmas Bumijawa pada Jumat 16 September 2022 lalu.

Kecamatan Bumijawa merupakan kecamatan di Kabupaten Tegal dengan penyumbang angka kematian ibu dan bayi tertinggi. Untuk itu, penting melakukan sosialisasi berkaitan program tersebut kepada ibu hamil di Kecamatan Bumijawa sebagai upaya pencegahan angka kematian ibu dan bayi.

Kabupaten Tegal menjadi salah satu kota sasaran program Risk Communication and Community Engagement (RCCE) di Jawa Tengah.

Dalam acara ini ada dua narasumber yaitu dr. Windy dari Puskesmas Kecamatan Bumijawa yang akan menyampaikan terkait data penanganan dampak pandemic yang berfokus pada pencegahan angka kematian ibu dan bayi

Baca Juga :   Bupati Tegal Umi Azizah : Dispensasi Kawin Anak di Bawah Umur Hanyalah Pintu Darurat

Narasumber kedua yaitu Sekjen PC Fatayat NU Kabupaten Tegal Asih Yanti ,S.Pd dari PC Fatayat NU Kab. Tegal yang akan menyampaikan Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terkait pencegahan angka kematian ibu dan bayi.

Di kesempatan sosialisasi kali ini, para peserta sosialisasi diajak untuk menginstall dan membuka aplikasi OKY, yaitu aplikasi yang bisa melacak masa menstruasi.

Hal ini diungkapkan oleh koordinator Distrik dari PC Fatayat NU Kabupaten Tegal Linia Albati, M.Pd pada Program Risk Communication and Community Engagement (RCCE) PW Fatayat NU Jawa.

Ia secara langsung memandu secara bersama-sama kepada para peserta untuk langsung membuka aplikasi OKY secara langsung dengan membuka Playstore handphone Android dan menginstall aplikasi OKY secara bersama dan memandu untuk log in sampai sukses dan terupdate.

Selain menghadirkan pengurus fatayat baik PC, PAC dan Ranting, hadir juga Kepala Desa Batumirah, Kepala Puskesmas Bumijawa, perwakilan dari UNICEF Indonesia Risang Rimbatmaja, M.Hum, dan puluhan ibu hamil