Slawipos.com – Komunitas Pemuda di Tegal Gelar Bazar Pakaian Bekas yang Hasilnya untuk Bakti Sosial, Ada yang berbeda di kegiatan pemuda ini, pasalnya mereka yang tergabung dalam satu kelompok ini membuat suatu gebrakan ide yang bernilai.

Seperti halnya Komunitas Tangan Kaki Pemuda (TKP) Tegal ini yang membuat baju bekas yang sering dianggap tidak berguna, namun dengan ide kreatif mereka barang bekas tersebut kembali bernilai.

Barang bekas tersebut berupa baju bekas yang tak layak pakai kemudian digelar bazar yang dijual dengan harga Rp5 ribu dan hasilnya digunakan untuk kegiatan sosial.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tangan Kaki Pemuda (TKP) Kabupaten Tegal, Muzani saat dihubungi oleh sejumlah awak media, Rabu 16 November 2022.

Sekelompok anak muda itu, lanjut Muzani, menggelar Bazar Sosial Pakaian Layak Pakai yang dikenal dengan istilah Ngawul kemudian dijual kembali.

“Pakaian layak pakai yang kami terima dari para donatur, kami olah kembali supaya dapat mendukung program-program komunitas, salah satunya dengan kegiatan Ngawul. Kami jual kembali dengan harga Rp 5.000-an dan untuk hasil penjualan yang didapat akan digunakan untuk kegiatan sosial”, ungkapnya.

Baca Juga :   DPRD Usul Jadwal Pilkades Kabupaten Tegal Dimajukan

Menurutnya, dengan adanya ide kreatif yang telah dipaparkan ini dapat mengurangi pencemaran limbah dunia dengan jenis tekstil.

“Alhamdulillah masyarakat antusias, karena selain membeli dengan harga sangat murah, mereka juga sekalian diniatkan untuk bersedekah,” jelasnya.

Dikatakan, selain untuk memanfaatkan hasil dari penjualan itu, menurutnya hal ini juga bertujuan agar bisa memberikan manfaat khususnya baju bekas agar tidak menjadi sampah.

“Hasil dari jualan ini juga juga untuk mendukung kegiatan sosial komunitas Tangan Kaki Pemuda yang terdekat yaitu Dolan Bareng Yatim, mengajak anak yatim ke Objek Wisata di Semarang yang akan dilaksanakan Desember mendatang,” bebernya.