Slawipos.com – Kades Mejasem Barat Tegal Bersama TNI dan Polri Patroli Senyap, Manuver untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan desa, dilakukan Pemerintah Desa Mejasem Barat Kabupaten Tegal bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Dengan menggunakan mobil listrik inventaris desa, patroli tiga pilar digulirkan dini hari.

Patroli mengelilingi 19 RW tersebut bertujuan untuk melihat dari dekat kinerja penjaga malam yang menjalankan tugasnya di masing-masing RT dan RW.

Kades Mejasem Barat, Yuswan Maulana ST bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kramat Aipda Abdul Rozak didampingi Babinsa Sertu Jumad menyatakan, patroli sambang ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi kejahatan curanmor di pemukiman warga.

“Kami sengaja mengunakan mobil listrik karena tidak bersuara. Melalui patroli 3 pilar ini, kami berharap semua penjaga malam maupun warga yang terbiasa beraktifitas di malam hari selalu waspada terhadap lingkungannya,” ujarnya Rabu 9 November 2022 dini hari.

Dalam kegiatan patroli bersama ini, ketiganya silih berganti memberikan imbauan dan arahan kepada petugas jaga malan dan warga yang sebagian besar tinggal dikawasan perumahan. Agar selalu waspada terhadap ancaman tindak kejahatan curanmor.

Baca Juga :   Projo Gulirkan Mosi Tidak Percaya Terhadap Pimpinan DPRD Kabupaten Tegal Terkait APBD

“Desa Mejasem Barat yang lokasinya berdekatan dengan kota, acapkali menjadi incaran pelaku kejahatan khususnya curanmor. Kami kembali ingatkan kepada warga yang sering beraktifitas dimalam hari untuk tetap waspada lingkungan, dan mengunci kendaraan serta pintu pagar bila hendak beranjak istirahat,”cetusnya.

Terpisah Kapolsek Kramat Iptyu Bambang Suwidagdo SH MAP menjelaskan bahwa Patroli Tiga Pilar ini sebagai wujud sinergitas antara TNI-Polri dan pemerintah desa untuk selalu menciptakan situasi lingkungan yang kondusif.

“Patroli Tiga Pilar ini sebagai wujud kehadiran negara ada untuk masyarakat sehingga terwujud komunikasi aktif antara warga dan pemerintah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas bertatap muka dengan warga RW 09 dengan salah satu petugas jaga malam di wilayah Pala III, Perum Pisma Asri RW 17 dan memberikan nomor teleponnya.

Bersama Kades dan Babinsa, dia juga mengingatkan agar dalam memarkir kendaraan dibiasakan dialam rumah dan di kunci ganda. Menyampaikan kepada warga untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan antisipasi kejahatan 3 C (curat, curas, dan curanmor), serta selalu berkoordinasi dengan tiga pilar bila muncul masalah di pemukiman.

Baca Juga :   Tim Audit Kinerja Itwasda Polda Jateng Gelar Audit Kinerja Polres Tegal Kota