Slawipos.com – Gempa Bumi Di Jember pada Hari Pahlawan Tak Berpotensi Tsunami, Gempa bumi magnitudo 5.0 mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur.

Gempa Bumi tersebut terjadi bertepatan dengan Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2022.

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.0 di Jember Jawa Timur, terjadi pada Kamis 10 November 2022, pukul 00.42 WIB.

Gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di 338 kilometer barat daya Jember. Koordinatnya berada pada 11.23 Lintang Selatan hingga 113.36 Bujur Timur.

BMKG melaporkan bahwa gempa yang mengguncang di wilayah Jember Jawa Timur ini tak berpotensi Tsunami.

Kendati demikian, gempa bumi bermagnitudo 5.0 itu, sempat membuat warga Jember Jawa Timur geger.

Menurut BMKG, gempa dangkal ini mengakibatkan guncangan yang belum diketahui.

Sementara itu, meski sempat diguncang gempa magnitudo 5.0, peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Jember berlangsung khidmat.

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Alun-alun Jember, Kamis 10 November 2022.

Baca Juga :   Lima Kali Rampas BLT, Residivis Dibekuk Satreskrim Polres Klaten

Turut hadir Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun BR, serta Forkopimda Kabupaten Jember.

“Kita sadar berbeda-beda dari perbedaan itu kita dapat saling menghormati dan menghargai akan adanya perbedaan,” tutur bupati membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini.

Indonesia memiliki banyak perbedaan seperti ras, suku dan budaya. Tetapi Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Dengan semboyan itu semua perbedaan harus bersatu padu.

“Perjuangan Para Pahlawan patut kita hargai. Karena dengan perjuangan mereka kita dapat seperti saat ini,” ujar bupati, seperti dikutip dari laman resmi Diskominfo Kabupaten Jember.