Slawipos.com – DPRD Usul Jadwal Pilkades Kabupaten Tegal Dimajukan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Tegal diharapkan agar dilaksanakan sebelum Pemilu 2024. Tujuannya agar tidak terlalu lama terjadi kekosongan jabatan kades definitif.

Demikian disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Tegal, Munif. Dia mengusulkan, Pilkades di Kabupaten Tegal dilaksanakan pada Juni 2023.

“Sampai saat ini belum ada kejelasan pelaksanaan Pilkades. Namun, kami usulkan sebelum Pemilu di bulan Juni 2023,” ujarnya.

Dia mengemukakan, jadwal pelaksanaan Pilkades sebenarnya sudah diagendakan pada 23 September 2023.

Ia menilai jika pelaksanaan Pilkades dilaksanakan pada bulan tersebut, maka terlalu padat dengan pelaksanaan Pemilu yang diagendakan Februari 2024.

“Efek Pilkades bisa merembet ke Pemilu. Jika pelaksanaan di bulan Juni, maka efeknya sudah tidak terlalu signifikan,” ujar politisi PKB itu.

Munif sepakat dengan pernyataan Kemendgri yang menyarankan Pilkades dilaksanakan di bulan Juni 2023.

Namun demikian, hal itu baru sebatas lisan dan belum ada surat secara tertulis. Kondisi itu juga menjadi kebingungan Dispermades dalam melaksanakan Pilkades.

Baca Juga :   8 Pelaku Tawuran Pelajar di Jalan Raya Slawi-Banjaran Jadi Tersangka

“Walau demikian, Dispermades sudah melaksanakan tahapan Pilkades. Kami berharap kepada Mendagri untuk segera mengeluarkan surat pelaksanaan Pilkades,” ucapnya.

Diketahuinya, bahwa Sekda Kabupaten Tegal telah mengeluarkan surat untuk bantuan keuangan dalam pelaksanaan Pilkades di tahun 2023.

Akan tetapi, belum ada informasi besaran bantuan untuk setiap desa yang melaksanakan Pilkades.

Sementara itu, Pilkades serentak di Kabupaten Tegal akan dilaksanakan di 49 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

“Idealnya pelaksanaan Pilkades dilaksanakan setelah Pemilu. Alasannya untuk menjaga kondusifitas, dan rawan terjadi anarkis ketika dilaksanakan sebelum Pemilu,” pungkasnya.