Slawipos.com – Bidhumas Polda Jateng Kunjungi Sejumlah Kantor Sekretariat Media di Pantura, Jajaran Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, melaksanakan kunjungan kerja ke sejumlah kantor sekretariat media yang ada diwilayah pantura barat, Rabu, 14 September 2022.

Kantor sekretariat media yang dikunjungi dalam kegiatan tersebut diantaranya Kantor Perwakilan Suara Merdeka Tegal di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Randugunting, Kota Tegal kemudian Kantor Radar Tegal di jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Panggung, Kota Tegal dan terakhir di kantor sekretariat Kabar Tegal Pikiran Rakyat yang ada di jalan Nakula Sadewa, Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Para pejabat Bidhumas Polda Jateng yang terdiri dari Kasubbid Penmas, AKBP Miftakhul Ulum, Kaur Mitra Subbidpenmas, Kompol Indarti, Paur Mitra Subbidpenmas, Iptu Sukardi dan Bamin Subbidpenmas, Bripda Pujo Pramono.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut mendampingi rombongan dari Polda Jateng yaitu Wakapolres, Kompol Zaenal Arifin beserta sejumlah anggota dari jajaran Seksi Humas Polres Tegal Kota.

Kasubbid Penmas, AKBP Miftakhul Ulum menyampaikan, bahwa kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk dalam menjalin sinergi dan kolaborasi dengan media yang ada di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Baca Juga :   Metikan Kembali Hadir Di Pangkah, Intip Jadwal Pasar Malam dan Festival Rakyat Ini

“Meningkatkan sinergitas, menjaga tali silaturahmi dan menjalin hubungan emosional antara institusi Polri dengan awak media itu sangatlah penting dan diutamakan,” ujarnya.

Terlebih, lanjut AKBP Ulum, tidak jarang kegiatan Kepolisian, khusunya Polda Jateng, yang digelar di wilayah Pantura Barat Jawa Tengah, meliputi Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang dan Kota Tegal.

Oleh karenanya kehadiran rombongan dari Bidhumas Polda Jateng, juga tak lain dalam rangka akselerasi tugas pokok dan fungsi Polri. Pasalnya, media juga memiliki peran kontrol sosial bagi Polri dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Sinergitas dan kolaborasi dengan media di daerah perlu dijaga. Seperti misalnya, saat ada kunjungan pejabat dari Kepolisian di wilayah barat seperti Tegal dan Brebes, tentu kami membutuhkan peran serta media yang ada di daerah, tidak mungkin kami membawa tim media dari Semarang, “terangnya.

Ditambahkan, bahwa keberadaan media yang kredibel juga diharapkan mampu membantu tugas Polri dalam memerangi dampak buruk kepada masyarakat, seperti memerangi berita bohong (hoax) dan sejenisnya.

Baca Juga :   UPDATE Harga Bahan Pokok Di Pasar Pagi Kota Tegal 13 Juli 2022

Sementara, salah satu pimpinan media yang mendapat kunjungan kerja yaitu Kepala Kantor Perwakilan Suara Merdeka Tegal, Wawan Hudiyanto mengapresiasi kunjungan silaturahmi dari Bidhumas Polda Jateng. Dirinya menyampaikan bahwa peran media selalu ada dalam membangun dan mendukung program kepolisian maupun pemerintah.

“Terima kasih atas kunjungan silaturahminya, semoga ini dapat mempererat kemitraan yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Meski begitu, kami juga tetap kritis dan solutif dalam menyikapi fenomena yang terjadi dilapangan,” terangnya.

Usai berdiskusi ringan dan beramah tamah, rombongan dari Tim Bidhumas Polda Jateng, turut memberikan cindera mata berupa plakat kepada seluruh pimpinan media yang mendapatkan kunjungan kerja pada siang tersebut.