Slawipos.com – Ada 17 Rumah Sakit Menyediakan Obat Penawar Bagi Pasien Gagal Ginjal Anak, Ada 17 rumah sakit yang sudah menyediakan obat penawar bagi pasien gagal ginjal akut pada anak. Obat penawar itu bernama Fomepizole.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia mengabarkan telah menerima obat Fomepizole. Sebanyak 87 persen obat yang diterima Kemenkes adalah hasil donasi dari berbagai negara untuk Indonesia.

Obat bagi pasien gagal ginjal akut pada anak itu adalah penawar (antidot) bagi kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang terdapat dalam darah.

Kandungan EG dan DEG yang biasanya ada pada bahan pelarut obat sirup itu merupakan penyebab maraknya pasien gagal ginjal akut pada anak.

Kini, obat Fomepizole yang didonasikan oleh berbagai negara kepada Indonesia tersebut sudah dapat digunakan sebagai terapi pengobatan bagi pasien gagal ginjal akut pada anak-anak dan dibagikan secara gratis.

Salah satu rumah sakit yang menyediakan Fomepizole untuk terapi pengobatan adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Baca Juga :   Presiden Jokowi Ajak Tingkatkan Optimisme dalam Pengendalian Inflasi

Sebanyak 95 persen pasien anak yang dirawat di RSCM terus menunjukkan perkembangan yang baik selama mendapat terapi. Artinya fungsi obat tersebut memberikan dampak yang efektif bagi kesembuhan dan untuk mengurangi gejala yang buruk.

“Fomepizole menjadi bagian dari terapi pengobatan, dan diberikan secara gratis kepada pasien. Kami tidak lakukan komersialisasi obat,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Muhammad Syahril, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Kemenkes, Sabtu, 5 November 2022.

Pemberian Fomepizole secara gratis kepada para pasien gagal ginjal akut pada anak itu, menurut Syahril, tujuannya adalah semata-mata hanya untuk keselamatan anak Indonesia.

Dikabarkan, sebanyak 246 vial obat Fomepizole telah datang di Indonesia. 146 vial dari jumlah total obat tersebut telah didistribusikan ke 17 rumah sakit di 11 provinsi Indonesia.

Sedangkan, sisanya, sebanyak 100 vial digunakan sebagai stok obat di pusat.

Berikut daftar 17 rumah sakit di Indonesia yang sudah menerima distribusi dan menyediakan obat penawar bagi pasien gagal ginjal akut pada anak (Fomepizole):

  1. RSUD Zainoel Abidin di Aceh
  2. RSUP Prof Dr. I.G.N.G. Ngoerah di Bali
  3. RSUP Dr. Sardjito di Yogyakarta
  4. RSAB Harapan Kita di Jakarta
  5. RSUP Fatmawati di Jakarta
  6. RSCM di Jakarta
  7. RSUP Hasan Sadikin di Bandung
  8. RSUD Dr. Hafiz di Cianjur, Jawa Barat
  9. RS Hermina Mekarsari di Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  10. RSUD Bangli di Bali
  11. RSUD Dr. Saiful Anwar di Malang, Jawa Timur
  12. RSUD Dr. Soedarso di Pontianak, Kalimantan Barat
  13. RSUD Kuala Pembuang di Kalimantan Tengah
  14. RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo di Sulawesi Selatan
  15. RSUP Dr. M Djamil di Padang, Sumatra Barat
  16. RSUP Dr. Mohammad Hoesin di Palembang, Sumatra Selatan
  17. RSUP H. Adam Malik di Medan, Sumatra Utara.
Baca Juga :   Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023

Itulah daftar rumah sakit yang telah menyediakan obat bagi para pasien atau penderita gagal ginjal akut pada anak. Obat tersebut bisa didapatkan secara gratis.