Sports  

MotoGP Ubah Jadwal Balapan Mulai di Inggris, Ini Perubahannya

Bagnaia dan Marc Marquez terlibat pertengkaran di Sirkuit Mugello MotoGP Italia 2023

Slawipos.com – MotoGP Ubah Jadwal Balapan Mulai di Inggris, Ini Perubahannya. MotoGP akan mengadopsi jadwal baru yang berlaku di seri balapan Inggris Agustus mendatang. Jadwal baru itu mengubah nama dan fungsi beberapa sesi latihan bebas dan kualifikasi. Apa saja perubahannya?

Menurut pengumuman Komisi Grand Prix, jadwal baru MotoGP akan memberi nama ‘Free Practice 1’ untuk sesi latihan bebas pertama pada hari Jumat. Sesi ini berdurasi 45 menit dan tidak lagi menjadi penentu Q2 atau kualifikasi 2.

Sementara itu, sesi latihan bebas kedua pada hari Jumat siang akan diganti dengan nama ‘Practice’. Sesi ini berdurasi 60 menit dan menjadi penentu Q2 dan Q1.

Berlanjut pada hari Sabtu, sesi latihan bebas ketiga akan diganti dengan nama ‘Free Practice 2’. Sesi ini berdurasi 30 menit dan tidak menjadi penentu Q2.

Kemudian, sesi kualifikasi akan tetap sama seperti sebelumnya, yaitu Q1 dan Q2 masing-masing berdurasi 15 menit. Setelah itu, akan ada Sprint Race yang merupakan balapan pendek untuk menentukan posisi start balapan utama.

Baca Juga :   Carlo Ancelotti Jadi Pelatih Baru Timnas Brazil Mulai 2024

Pada hari Minggu, akan ada Warm-up selama 10 menit sebelum balapan utama dimulai.

Sebagai perbandingan, dengan format jadwal lama, kombinasi waktu Free Practice 1 dan Free Practice 2 digunakan untuk menentukan Q2 dan Q1. Dengan jadwal baru, Q2 dan Q1 ditentukan dari sesi Practice pada hari Jumat.

Balapan MotoGP Inggris sendiri bakal dihelat pada 6 Agustus 2023 di Sirkuit Silverstone. Saat ini para pebalap tengah menikmati libur musim panas. Rider bakal melahap 20 putaran di sirkuit yang dikenal sebagai surga motor V4, terutama brand Eropa.

Francesco Bagnaia merupakan pemenang MotoGP Inggris 2023. Kemudian disusul Maverick Vinales dari Aprilia, dan Jack Miller yang membela KTM. Marc Marquez juga punya rekor di sini. Dia tercatat pemegang pole sitter dengan lima kali keluar sebagai pebalap tercepat dalam sesi kualifikasi.