Progres Terbaru Pembangunan Jalan Trans Papua Mei 2023

Progres Terbaru Pembangunan Jalan Trans Papua Mei 2023

Slawipos.com – Progres Terbaru Pembangunan Jalan Trans Papua Mei 2023, Pembangunan infrastruktur di Papua dan Papua Barat terus digenjot, salah satunya adalah Jalan Trans Papua. Proyek ini merupakan salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, saat ini pembangunan Jalan Trans Papua difokuskan pada ruas Jayapura-Wamena. Dia mengatakan, kondisi jalan saat ini masih bervariasi, ada yang sudah berupa aspal, gradasi, dan tanah.

Namun, dia menegaskan, jalan penghubung antar wilayah di Papua itu tinggal beberapa kilometer lagi yang belum tersambung. “Trans Papua itu masih berlanjut. Saya susah menjelaskan berapa kilometernya karena ada yang aspal, ada yang gradasi, masih ada yang tanah. Kalau dalam keadaan tembus tinggal sedikit yang belum tembus. Kita fokus ke Jayapura-Wamena dulu,” kata dia di Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Menurut data detikcom, hingga pertengahan tahun 2021, panjang jalan yang sudah tersambung sepanjang 3.446 km, masih tersisa 16 km jalan yang belum tersambung. Secara rinci, kondisi jalan yang sudah teraspal sepanjang 1.733 kilometer dan belum teraspal 1.712 kilometer.

Baca Juga :   Menteri ESDM: China Swasembada Pangan Berkat Gasifikasi Batu Bara Indonesia

Pembangunan infrastruktur di Papua dan Papua Barat bertujuan untuk menekan angka kemiskinan, mengurangi indeks kemahalan, dan mendukung pemerataan pembangunan infrastruktur. Adanya Jalan Trans Papua diharapkan membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan konektivitas.